Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Penataan Ruang Bojonegoro © 2014
Peningkatan Kompetensi dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi APBD 2019

Bojonegoro – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro sebagai dinas yang menangani pembinaan perusahaan jasa konstruksi mengadakan beberapa kegiatan. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro khususnya Seksi Bina Teknik dan Jasa Konstruksi memiliki program kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan dan Sertifikasi bagi Tenaga Terampil Konstruksi.


Kegiatan APBD 2019 diawali dengan pelaksanan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Jasa Konstruksi, yaitu Sosialisasi Peningkatan Kinerja Penyedia Jasa Konstruksi Sesuai Perpres No. 16 Tahun 2018. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Bupati Dr. Hj. Anna Mu’awanah dan dihadiri oleh 250 peserta dari semua asosisasi yang terdaftar di Kabupaten Bojonegoro. Penyampaian materi juga disampaikan langsung oleh Ibu Bupati. Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk memberi tahu dan melakukan pengecekan kesesuain kinerja penyedia jasa konstruksi yang ada di bojonegoro dengan Perpres No. 16 Tahun 2018.

  


Setelah Sosialisasi, agenda berikutnya adalah Pelatihan dan Uji Sertifikasi. Bersama dengan LPJK Indonesia, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Pekerjaan Jembatan (TS044 T1), Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Besi-Beton (TS012-T3), dan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Cor-Beton (TS013-T3). Pelatihan ini diadakan untuk mewujudkan sumber daya manusia konstruksi di bidang pekerjaan umum yang handal, professional dan tertib penyelenggaraannya di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Oleh karena itu sasaran utama penyelenggaraan pelatihan ini adalah seluruh Tenaga Terampil Konstruksi yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Tenaga Terampil Konstruksi tersebut nantinya akan mendapatkan SKT (Sertifikat Keterampilan Kerja).


Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Pekerjaan Jembatan (TS044 T1) dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis tanggal 26-28 Maret 2019. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari di Aula Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro. Dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman, AP., MM. dan didampingi oleh Kepala Bidang Tata Ruang dan Jasa Konstruksi Bapak Chisaifi Ivan Rachmanto ST. MM., kemudian dilanjutkan dengan pre-test, penyampaian materi oleh instruktur, Bapak Arik Nur Cahyono, ST dari Bidang Jembatan dan Peralatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, post-test dan uji kompetensi dilakukan oleh LPJK Indonesia dengan para asesor Bapak Ir. Afied Djoko Prijonggo, Bapak H. Sukamso ST, dan Bapak Sugiharto ST di hari ketiga. Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dan semua peserta dinyatakan kompeten 100%.