Bojonegoro – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro sebagai dinas yang menangani pembinaan perusahaan jasa konstruksi mengadakan beberapa kegiatan. Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro khususnya Seksi Bina Teknik dan Jasa Konstruksi memiliki program kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan dan Sertifikasi bagi Tenaga Terampil Konstruksi.


Kegiatan APBD 2019 diawali dengan pelaksanan kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-Undangan Jasa Konstruksi, yaitu Sosialisasi Peningkatan Kinerja Penyedia Jasa Konstruksi Sesuai Perpres No. 16 Tahun 2018. Acara ini dibuka langsung oleh Ibu Bupati Dr. Hj. Anna Mu’awanah dan dihadiri oleh 250 peserta dari semua asosisasi yang terdaftar di Kabupaten Bojonegoro. Penyampaian materi juga disampaikan langsung oleh Ibu Bupati. Tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi ini adalah untuk memberi tahu dan melakukan pengecekan kesesuain kinerja penyedia jasa konstruksi yang ada di bojonegoro dengan Perpres No. 16 Tahun 2018.

  


Setelah Sosialisasi, agenda berikutnya adalah Pelatihan dan Uji Sertifikasi. Bersama dengan LPJK Indonesia, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro menyelenggarakan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Pekerjaan Jembatan (TS044 T1), Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Besi-Beton (TS012-T3), dan Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Cor-Beton (TS013-T3). Pelatihan ini diadakan untuk mewujudkan sumber daya manusia konstruksi di bidang pekerjaan umum yang handal, professional dan tertib penyelenggaraannya di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Oleh karena itu sasaran utama penyelenggaraan pelatihan ini adalah seluruh Tenaga Terampil Konstruksi yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Tenaga Terampil Konstruksi tersebut nantinya akan mendapatkan SKT (Sertifikat Keterampilan Kerja).


Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Pekerjaan Jembatan (TS044 T1) dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis tanggal 26-28 Maret 2019. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari di Aula Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro. Dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Yayan Rohman, AP., MM. dan didampingi oleh Kepala Bidang Tata Ruang dan Jasa Konstruksi Bapak Chisaifi Ivan Rachmanto ST. MM., kemudian dilanjutkan dengan pre-test, penyampaian materi oleh instruktur, Bapak Arik Nur Cahyono, ST dari Bidang Jembatan dan Peralatan Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro, post-test dan uji kompetensi dilakukan oleh LPJK Indonesia dengan para asesor Bapak Ir. Afied Djoko Prijonggo, Bapak H. Sukamso ST, dan Bapak Sugiharto ST di hari ketiga. Pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dan semua peserta dinyatakan kompeten 100%.

 

Adapun Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Besi-Beton (TS012-T3) dilaksanakan pada hari Selasa-Kamis 18-20 Juni 2019. Pelatihan ini diikuti oleh 50 peserta dari 13 asosiasi dan umum. Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi ini dimaksudkan agar para Tukang Besi-Beton memiliki Sertifikat Keterampilan Kerja. Pelatihan ini dibuka oleh Wakil Bupati Bojonegoro Bapak Drs. H. Budi Irawanto M.Pd dan didampingi oleh Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan ruang Kabupaten Bojonegoro Bapak Drs. Nur Sujito, MM.,kemudian dilanjutkan dengan Pre-test, penyampaian materi oleh instruktur yaitu Bapak Amin Zainullah S.Pd, ST,MT., yang merupakan dari Widyaswara VEDC Malang, post-test dan uji kompetensi oleh asesor dari LPJK Indonesia yaitu Bapak Sugiharto, ST., Bapak Ir.Afied Djoko Prijonggo, Bapak Ir. Markhaban Siswanto, M.Si. Setelah pelatihan selama 3 hari, asesor menyatakan bahwa dari 50 peserta yang mengikuti pelatihan dinyatakan kompeten 100%.

 

 Tidak jauh berbeda dari Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Besi-Beton (TS012-T3), Pelatihan dan Uji Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi Tukang Cor-Beton (TS013-T3) juga dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada hari Selasa-Kamis tanggal 16-18 Juli 2019. Acara pelatihan ini dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah Bapak Yayan Rohman, AP., MM. dengan menyampaikan sambutan dan harapan kepada peserta pelatihan. Instruktur pada pelatihan ini adalah Bapak Saji Sukamto A.S, ST, M.Si., dengan asesor dari LPJK Indonesia yaitu Bapak Ir.Afied Djoko Prijonggo, Bapak Sugiharto ST., dan Bapak H. Sukamso, ST. Hasil dari pelatihan ini, 50 orang peserta dinyatakan 100% kompeten, jadi berhak untuk mendapatkan Sertifikat Keterampilan Kerja (SKT).

Adapun kegiatan berikutnya yang akan diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro adalah Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) dan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (TS028 T1). Rencananya Bimbingan Teknis SMKK akan dilaksanakan menjadi 2 gelombang yaitu untuk kelas pertama sebanyak 50 orang peserta dan kelas kedua sebanyak 50 orang peserta. Bimbingan Teknis ini rencananya akan dilakukan di Aula Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro. Sedangkan Pelatihan Tenaga Terampil Konstruksi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan (TS028 T1) akan dilaksanakan dengan 60 peserta.

Seluruh pelatihan dan bimbingan teknis yang diadakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Penataan Ruang Kabupaten Bojonegoro tersebut GRATIS, tidak dipungut biaya apapun.


By Admin
Dibuat tanggal 20-02-2020
1016 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
0 %
Puas
0 %
Cukup Puas
100 %
Tidak Puas
0 %